Cara Kultur Daphnia Magna Untuk Pakan Cupang

Salam satu hobi...
Masih membahas ikan cupang kawan-kawan. sebelumnya kita udah tau pakan-pakan yang bisa dimakan oleh ikan cupang yaitu pelet yang seukuran mulutnya, cacing sutra (rambut), cacing darah, artemia, jentik nyamuk, dan kutu air raksasa (Daphnia Magna). pakan-pakan ini memiliki protein yang tinggi dan bagus untuk pertumbuhan ikan cupang, kecuali pelet yang kandungan proteinnya berbeda-beda tergantung merk dan kualitas peletnya. pakan alami ini terbukti memiliki keunggulan lebih cepat membesarkan ikan-ikan cupang dari pelet. 

Karena kita kadang mengalami kendala ketersediaan pakan alami seperti 
- Cacing sutra dan cacing darah di selokan atau di persawahan tidak nampak saat air kering atau curah hujan tinggi
- Jentik nyamuk yang memerlukan proses sterilisasi agar tidak sakit ikan-ikan cupangnya.
kedua pakan ini memerlukan proses pembersihan dari kotoran seperti lumpur dan bakteri yang berasal dari tempat mereka tinggal. sterilisasinya cukup dengan meneteskan methylene blue secukupnya
- Artemia yang memerlukan waktu lama sampai besar dan pula harganya mahal
Sumber :https://www.google.co.id/search?biw=1366&bih=613&tbm=isch&sa=1&ei=1lTGWpH1C4am8AWt3Z3QBQ&q=methylene+blue+untuk+ikan&oq=methylene+blue+untuk+ikan&gs_l=psy-ab.3..0l3j0i24k1l2.908.2741.0.3234.11.7.0.1.1.0.434.809.3-1j1.2.0....0...1c.1.64.psy-ab..8.3.818....0.st8RKSzwedU#imgrc=U5lI6_l0Oj_ZOM:
Untuk mengurangi biaya operasional usaha dengan tidak membeli pakan seperti cacing sutra/darah/artemia yang harganya lumayan mahal. solusinya adalah mengkultur Daphnia Magna. dengan modal membeli bibitnya harganya sekitar 20 ribuan 3 bungkus plastik
Keunggulan Daphnia magna dibanding pakan alami tersebut menurut saya adalah bisa dibudidayakan dengan mudah, waktu panen singkat (2-7 hari) dan meningkatkan kecerahan warna ikan.
lalu apa itu Daphnia magna? 
Artikel saya sebelumnya kita sudah bahas tentang kutu air untuk burayak ikan. nah ini sejenis kutu air tetapi dengan ukuran lebih besar. 
Dibawah ini adalah penampakan Daphnia magna 
CupangIndonesia.wordpress.com

Wikepedia.org
Cara mengkulturnya adalah sebagai berikut :
1. Sipakan wadah sterofoam/ember bekas/wadah yang agak luas 
2. Air daun ketapang yang sudah diendapkan didalam wadah tersebut minimal 1 hari atau air hijau (Green Water) dibuat dengan cara membiarkan airn terkena cahaya matahari (kurang lebih waktu seminggu)
3. Masukkan bibit Daphnia Magna kedalam wadah tersebut
4. Beri pakan susu bubuk atau pelet halus untuk Daphnia magna tersebut kalau pakai air ketapang, kalau pakai Green Water tidak perlu
5. Pemberian pakannya sedikit saja.
6. Pastikan tempat kultur tidak langsung terkena cahaya matahari
7. Selamat Mencoba

Terimakasih,




Comments

Popular posts from this blog

Cara Agar Cacing Sutera (Tubifex Sp) Awet Untuk Pakan Ikan

Cara Packing (Bungkus) Ikan Cupang (Betta Sp) yang Baik Untuk Pengiriman Luar Daerah/ Luar Negeri

Materi Penyuluhan Perikanan (Cara Budidaya Ikan Yang Baik/CBIB)